Senin, 08 September 2008

Sejarah Terbentuknya Organisasi Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) Yowana Brahma Vidya (YBV) Undiksha.

Organisasi KMHD YBV terbentuk melalui proses yang sangat panjang. Berawal dari rutinitas persembahyangan bersama antara mahasiswa, dosen dan pegawai di lingkungan FKIP UNUD Singaraja, pada awal tahun 1990-an. Kegiatan persembahyangan tersebut diantaranya, Purnama-Tilem, Saraswati, dan Siwaratri. Kegiatan persembahyangan tersebut dikoordinir oleh aktivis mahasiswa Hindu di Jurusan Pendidikan Kimia. Sejalan dengan berubahnya FKIP UNUD Singaraja menjadi STKIP Singaraja pada tahun 1993, kegiatan kegiatan rutin persembahyangan bersama yang pada awalnya diikuti oleh beberapa kelompok mahasiswa dan dosen dari Jurusan Pendidikan Kimia, mulai diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari Jurusan lain, khususnya di lingkungan Fakultas MIPA. Demikian pula dengan kegiatan-kegiatan yang pada awalnya hanya berupa persembahyangan bersama dikembangkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang lain seperti ; Dharma Wacana, Dharma Tula, Tirta Yatra dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Pengembangan kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut dimaksukkan dalam upaya meningkatkan Jnana dan Sradha umat Hindu di lingkungan STKIP Singaraja. Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan solidaritas umat Hindu di lingkungan STKIP Singaraja.

Untuk menjaga kesinambungan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Hindu tersebut, maka pada saat dilaksanakannya Bratha Siwaratri di bekas kampus atas (Jl. Pahlawan no. 1 Singaraja) pada hari Kamis 10 Pebruari 1994 didirikanlah organisasi Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) HMJ Pendidikan Kimia untuk kepengurusan periode pertama. Organisasi ini diberi nama KMHD “Yowana Brahma Vidya” (selanjutnya disingkat YBV). Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan KMHD “YBV” HMJ Pendidikan Kimia tersebut mendapat sambutan positif dari mahasiswa dan dosen Hindu di luar Jurusan Pendidikan Kimia.

Untuk lebih mengembangkan organisasi ketingkat lembaga, maka pada tanggal 17 Pebruari 1996 dibentuklah organisasi KMHD dengan nama yang sama ditingkat institut beserta pengurus periode pertama yang diketuai oleh salah seorang aktivis mahasiswa Hindu dari Jurusan Pendidikan Kimia.

Setelah sempat mengalami stagnasi selama beberapa periode kepengurusan, pada masa reformasi tahun 1998, para aktivis mahasiswa angkatan ’98 ini mengambil alih kepengurusan KMHD yang dianggap sedang “mati suri”. Masa ini dianggap sebagai titik awal kebangkitan kembali kegiatan-kegiatan KMHD di STKIP Singaraja. Para aktivis ini tidak hanya berhasil “menghidupkan kembali” kegiatan-kegiatan organisasi, namun juga mampu melahirkan kader-kader yang mumpuni untuk menduduki jabatan-jabatan organisasi formal intra kampus.

KMHD YBV dengan paradigma baru yang dirintis para aktivis mahasiswa Hindu periode ini, diharapkan dapat menjadi Central of Excellent bagi umat (mahasiswa) Hindu di lingkungan institusi ini.

Tidak ada komentar: